RSS

Pilih Yang Pasti!

Konsep yang kami pilih sebenarnya sederhana : memaksimalkan lahan terbatas dan melipatgandakan hasil dari lahan yang memang luas.

Kami memiliki 2 (dua) lokasi, yaitu lahan terbatas berupa teras balkon lantai 2 berukuran 8 x 4 m yang terletak di lokasi perumahan daerah Surabaya Barat dan lahan luas di daerah  seputaran Kebun Raya Purwadadi, Pasuruan Jawa Timur, yang kami sebut saja dengan nama "Baong Farm".

Komoditas utama yang terdapat di perkebunan ini adalah Anggur (Baonghill Vineyard), Buah Naga, Cabe Rawit, dll. 

Bagi Anda yang memiliki lahan terbatas namun ingin bercocok tanam, kira-kira apa yang terlintas di benak Anda untuk mewujudkannya? ... ndak usah dipikirkan, googling aja! hehehe ...

Sama halnya seperti kami, yang akan dipilih sebagai  komoditas utama adalah Cabe Rawit yang telah lebih dulu ditanam di Baong Farm. Tidak masalah untuk Baong Farm, namun untuk lahan terbatas yang ada akhirnya ditetapkan system bertanam vertikultur untuk memaksimalkan ruang. Sementara bagi Baong Farm, dengan vertikultur akan lebih melipatgandakan hasil yang diperoleh namun dengan luas lahan yang lebih sempit.

Bingung?

Untuk mempelajari apa itu vertikultur, silahkan menuju ke sini dan ketikkan kata kunci "vertikultur". Ada banyak informasi tersedia di sana ;)

Sebagai contoh,  jarak tanam Cabe Rawit yang diterapkan di Baong Farm adalah 25-30 cm antar tanaman dan 20-25 cm antar baris. Untuk 1 meter persegi terdapat maksimal 16 batang tanaman. Sedangkan dengan salah satu pola vertikultur yang digunakan Sang Penandur, dalam 1 meter persegi minimal adalah 162 tanaman dengan tinggi kurang dari 1 meter. 

Catatan aneka pola vertikultur yang Sang Penandur terapkan  akan dimuat secara berkala di blog ini. Dengan resep utama : MURAH MERIAH tentunya! Semoga menjadi inspirasi bagi Anda ...

GO GREEN INDONESIAKU ...




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar